Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih

Sekilasautomotive – Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ?? – Volume 4 menampilkan mobil-mobil berteknologi canggih yang akan segera hadir pada tahun 2022.
Perkembangan teknologi, termasuk yang diterapkan pada kendaraan, berkembang sangat pesat. Bukan hanya soal mesin, suspensi dan rem, tapi juga hiburan. Seperti terlihat di Consumer Electronics Show (CES) yang menghadirkan beragam tampilan teknologi, mulai dari gadget hingga layanan mobil futuristik.
Pada konferensi di Amerika Serikat, produsen mempresentasikan hasil baru mereka. Diharapkan banyak teknologi akan diterapkan pada mobil. Dari Hyperscreen Mercedes-Benz hingga peluncuran BMW iDrive-like GHSP iDrive. Secara umum, CES adalah tentang teknologi pada tampilan digital. Dari peluncuran Samsung 110-inci hingga debut Hyperscreen yang terintegrasi ke dalam Mercedes-Benz EQS.
Beberapa teknologi terbaru yang dipamerkan tampak agak aneh dalam fungsi dan penamaannya. Berbeda dengan teknologi otomotif saat ini, hal ini menunjukkan pergeseran ke arah fungsionalitas dan fitur teknologi yang terus berkembang demi kenyamanan pemilik mobil.

1. Mercedes-Benz Hyperscreen

Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ?? 1
Mercedes Benz

Pengalaman pengguna tekhnologi 4 fitur mobil Mercedes-Benz kini memasuki era baru dengan diperkenalkannya MBUX Hyperscreen yang akan segera dilengkapi pada mobil listrik EQS. Layar melengkung 56 inci mencakup seluruh jarak dasbor dari tiang A kiri ke tiang A kanan, dan dilengkapi perangkat lunak dengan kemampuan belajar mandiri untuk memberikan layanan yang dapat disesuaikan pengguna.
Teknologi Layar Ultra Besar Mercedes-Benz diproduksi menggunakan bahan Gorilla Glass, yang mengurangi kerusakan layar akibat goresan atau benturan. Alasannya agar lebih awet karena jika rusak biaya penggantiannya sangat mahal. Di bagian dasbor terdapat layar OLED yang terhubung dengan layar hiburan lain di sisi lain. Kemampuan kamera untuk mengambil gambar juga telah ditingkatkan dengan sensor otomatis yang mengatur pencahayaan dari luar.
Layar pada Hyperscreen sangat nyaman bagi pengemudi, tidak mengganggu penglihatan. Kemudian ada pengembangan antarmuka layanan yang ditempatkan di menu utama sehingga tidak perlu mengutak-atiknya dalam waktu yang lama.Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ??
Semua fungsi pada layar ini dapat diatur menggunakan perintah suara atau sentuhan. Hyperscreen dilengkapi dengan 8 core CPU, 24 GB RAM dan 4 GB RAM cadangan.

Selain itu, layanan Artificial Intelligence (AI) menjanjikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Fitur ini mampu membantu pengemudi dalam memenuhi kebutuhannya. Sistem akan memberi tahu pengendara berdasarkan kebiasaannya. Misalnya program kursi pijat, pengingat ulang tahun, hingga kemampuan menaikkan suspensi untuk melewati jalan terjal. AI akan menyimpan GPS di sekitar jalan yang curam, dan jika kendaraan melintasi jalan itu lagi, suspensi akan naik secara otomatis.

2.  Display Head-Up AR Panasonic

Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ??
Head-up AR Panasonic

Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ??Tekhnologi 4 fitur mobil, Head-Up Display (HUD) menjadi semakin umum dan digunakan di beberapa mobil terbaru. Meskipun tampilan pada HUD adalah layar yang juga muncul pada tampilan skala massal dan menampilkan informasi yang tumpang tindih. Bahkan, Panasonic sedikit terlambat merilisnya di CES 2022. Pasalnya, banyak pabrikan yang sudah menggunakannya selama delapan tahun. Tapi apa yang ditawarkan Panasonic adalah Augmanted Reality HUD dan ditampilkan dengan proyektor overhead. Membuat tampilan gambar tampak seperti melayang di atas dashboard pengemudi.
Pengembangan yang dilakukan Panasonic Automotive didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu membaca sejumlah kondisi lalu lintas secara real time. Kemudian beberapa informasi yang dibaca ditampilkan di layar HUD.

Layar HUD Panasonic tidak hanya untuk menampilkan informasi kendaraan. Fitur ini juga memberikan informasi dan peringatan tentang kondisi jalan, pejalan kaki, dan kendaraan lain untuk hal lain seperti pengendara sepeda. Sistem ini juga mampu mendeteksi ketinggian jembatan atau terowongan. Dengan cara ini, lebih mudah bagi pengemudi dengan beban tinggi untuk membuatnya lebih mudah.
Agar berfungsi maksimal, sistem ini didukung oleh sensor optik yang mampu membaca kondisi dalam jarak sepuluh meter dari depan meski dalam kondisi gelap. Sedangkan untuk mendeteksi objek pada jarak sekitar 100 meter, sistem ini berbasis teknologi radar pencitraan 3D. Selain itu, semua informasi ini ditampilkan langsung di atas dasbor pengemudi dengan tampilan 4K laser dan teknologi 3D. Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ??
Nah, dengan fitur ini pengemudi bisa terhindar dari kecelakaan. Selain itu, ada juga sistem navigasi yang kompatibel dengan tampilan GPS pada umumnya. Layanan ini sudah tersedia pada Mercedes-Benz S-Class yang akan diluncurkan tahun ini.

3. Mirror Gentex

Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ?? 3
Mirror Gantex

Hampir semua produsen mobil telah mengintegrasikan kamera ke dalam mobil mereka selama beberapa tahun terakhir. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengemudi mendapatkan pandangan yang lebih luas di sekitar kendaraan. Posisi kamera biasanya ditampilkan di depan atau belakang pada head unit.
Gentex kini menawarkan teknologi terbaru pada kaca spion, yakni kamera dan layar sentuh. Tak hanya itu, Gentex juga menghadirkan kenyamanan bagi pengemudi dengan kaca spionnya yang dapat menampilkan berbagai menu. Diantaranya adalah sudut kamera yang dapat diatur pada layar built-in yang menampilkan menu yang berbeda. Anda bahkan dapat melihat zoom in pada tampilan rapat di layar ini.
Teknologi yang disebut Full Display Mirror (FDM), dikembangkan dengan bantuan Gentex Corporation, produsen suku cadang mobil yang berbasis di Michigan. Sistem inovatif ini menginformasikan bahwa ia juga mampu menampilkan tiga video berbeda secara bersamaan, memungkinkan pengendara untuk melihat apa yang ada di belakang mereka dan menghindari titik buta. Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ??
Ada dua kamera yang dipasang di samping, yakni di kaca spion luar kiri dan kanan. Sedangkan kamera lainnya dipasang di atap mobil. Jika sewaktu-waktu tidak berfungsi atau mengemudi dalam cuaca buruk, pengemudi dapat menyesuaikan tampilan di layar. Pengendara juga dapat mengubah unit untuk menampilkan kombinasi tampilan cermin dan kamera sesuai kebutuhan. Fitur keren lainnya adalah FDM akan secara otomatis mengubah tampilan tiga video kamera luar ruangan saat penumpang menyesuaikan posisinya.
Gentex diketahui baru saja menanamkannya di sebuah Toyota Harrier (Venza) lengkap dengan kamera yang menghadap ke jalan raya. Tetapi Toyota menjadikannya fitur opsional, jika Anda ingin menggunakan Gentex, Anda akan dikenakan biaya tambahan $900.

Baca juga : 7 Motor Antik Dengan Gaya Nyentrik Indonesia Versi Moniktop

4. iDrive GSHP

iDrive GSHP

Tekhnologi 4 Fitur Mobil Tercanggih Apa Aja Sih ?? GSHP merilis pengaturan iDrive di CES. Sekilas, iDrive dari GSHP ini sangat mirip dengan BMW. Tapi iDrive GSHP adalah tombol kontrol dua tingkat. Idenya adalah untuk menggabungkan pengaturan transmisi dan layanan hiburan dalam satu tombol. Namun kontrol ini diklaim aman saat digunakan karena menggunakan sistem roda gigi dan tidak mengganggu fungsi yang satu dengan yang lainnya. Teknologi ini mirip dengan yang digunakan pada model Jaguar saat ini.

BACA JUGA : Tercanggih !! Inilah 6 Motor Di Masa Depan

BACA JUGA : 10 Macam Mobil McLaren Termahal Di Indonesia

Leave a Comment