Sejarah Berkembangnya Honda Motor Company, Ltd

sekilasautomotive.com, Sejarah Berkembangnya Honda Motor – Honda Motor Company, Ltd. (Jepang: Hepburn: Honda Giken Kōgyō KK, /ˈhɒndə/; umumnya dikenal sebagai Honda) adalah konglomerat multinasional Jepang yang memproduksi mobil, sepeda motor, dan peralatan listrik. Perusahaan terkemuka ini berkantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang.

Sejarah Berkembangnya Honda Motor Company, Ltd 1
Soichiro Honda,Sejarah Berkembangnya Honda Motor Company, Ltd telah menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, memproduksi 400 juta sepeda motor pada akhir 2019, serta menjadi produsen mesin pembakaran internal terbesar di dunia, memproduksi lebih dari 14 juta mesin pembakaran internal setiap tahun. Umum. Honda adalah produsen mobil terbesar kedua di Jepang pada tahun 2001. Honda juga merupakan produsen mobil terbesar kedelapan di dunia pada tahun 2015.

Honda adalah produsen mobil Jepang pertama yang meluncurkan merek mewahnya, Acura, pada tahun 1986. Selain memproduksi mobil dan sepeda motor, Honda juga memproduksi peralatan taman, mesin kelautan, perahu pribadi, generator, dll. Honda meluncurkan robot ASIMO pada tahun 2000. Honda juga melakukan ekspansi ke sektor kedirgantaraan dengan mendirikan GE Honda Aero Engines pada tahun 2004 dan memulai produksi Honda HA-420 HondaJet pada tahun 2012. Honda memiliki dua usaha patungan di China, Dongfeng Honda dan Guangqi Honda.

Sejarah Berkembangnya Honda Motor Company, Ltd,pada tahun 2013, Honda menginvestasikan sekitar 5,7 sen dari pendapatannya (US$6,8 miliar) dalam penelitian dan pengembangan. Juga pada tahun 2013, Honda menjadi produsen mobil Jepang pertama yang menjadi eksportir bersih dari Amerika Serikat, mengekspor 108.705 kendaraan. Merek Honda dan Acura, tetapi hanya mengimpor 88.357 unit mobil merek Honda dan Acura.
Ekspansi Honda ke dalam produksi mobil dimulai dengan Honda T360 pada tahun 1963.
Sepanjang hidupnya, pendiri Honda, Soichiro Honda, tertarik dengan mobil. Sebelumnya ia bekerja sebagai mekanik di garasi Art Shokai, di mana ia menyetel mobil dan memasukkannya ke acara balapan. Pada tahun 1937, dengan dana dari seorang kenalannya, Kato Shishiro, Honda mendirikan Perusahaan Tōkai Seiki untuk memproduksi ring piston di garasi Art Shokai. Setelah awalnya gagal, Tōkai Seiki memenangkan kontrak untuk memasok ring piston ke Toyota, tetapi kemudian kehilangan uang karena kualitas produk yang buruk. Setelah lulus dari sekolah teknik dan mengunjungi pabrik-pabrik di seluruh Jepang untuk lebih memahami proses pengendalian kualitas Toyota yang dikenal sebagai “Lima Mengapa”, Honda akhirnya mampu pada tahun 1941 untuk memproduksi ring piston yang dapat diterima oleh Toyota, menggunakan proses otomatis. , sehingga Honda dapat mempekerjakan pekerja tidak terampil.

HONDA

Pada awal Perang Dunia II, Tōkai Seiki berada di bawah kendali Kementerian Perdagangan dan Industri (disebut Kementerian Amunisi setelah 1943), dan posisi Soichiro Honda dikurangi dari presiden menjadi direktur pelaksana senior, setelah Toyota mengambil alih 40% saham Tōkai Seiki.Sejarah Berkembangnya Honda Motor Company, Ltd. Honda juga membantu upaya perang dengan membantu perusahaan lain mengotomatisasi produksi baling-baling jet tempur. Hubungan yang dibangun Honda dengan karyawan Toyota, Nakajima Aircraft Corporation, dan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang menjadi penting pada periode pascaperang. Seorang pembom B-29 Amerika menghancurkan pabrik Tokai Seki di Yamashita pada tahun 1944. Pabrik Tokai Seki di Itawa juga runtuh pada 13 Januari 1945, akibat gempa Mikawa. Setelah perang berakhir, Soichiro Honda menjual barang-barang yang dapat digunakan kepada pabrikan ke Toyota seharga 450.000, yang kemudian digunakan untuk mendirikan Honda Technical Research Institute pada Oktober 1946.

Dengan 12 karyawan yang bekerja di pondok seluas 16 meter persegi (170 kaki persegi), Honda memulai produksi dan penjualan sepeda motor, menggunakan 500 unit generator nirkabel Tohatsu 50cc dua langkah 50cc. Setelah mesin ini habis,mulai memproduksi versi mesin Tohatsunya sendiri, memasoknya ke konsumen, untuk dipasang ke sepeda. Mesinnya disebut Honda Tipe A, dan diberi nama “Bata Bata” sesuai dengan bunyi mesinnya. Pada tahun 1949, Honda Technical Research Institute dilikuidasi untuk 1.000.000, yang kemudian digunakan untuk mendirikan Honda Motor Co., Ltd. , untuk melengkapi keahlian teknis Soichiro Honda. Kemitraan antara Soichiro Honda dan Fujisawa berlangsung sampai mereka mengundurkan diri bersama pada Oktober 1973.
Sejarah Berkembangnya Honda Motor Company, Ltd,Sepeda motor lengkap pertama yang bodi dan mesinnya diproduksi sendiri oleh Honda adalah Tipe D 1949 yang dipasarkan dengan nama Dream. Pada tahun 1961, Honda memenangkan Grand Prix dan Kejuaraan Dunia pertamanya di kelas 125cc dan 250cc. Honda Motor Company terus berkembang hingga menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia pada tahun 1964.
Pada Agustus 1963, Honda mulai menjual mobil pertamanya, truk pikap T360. Karena ditenagai oleh mesin bensin 356cc, mobil ini juga diklasifikasikan sebagai mobil kei. Pada Oktober 1963, Honda memulai produksi mobil sport S500. Roda belakang mobil dikendalikan oleh rantai, yang membuatnya mirip dengan sepeda motor Honda.
Dalam dekade berikutnya memperluas lini produknya dan mulai mengekspor produknya ke sejumlah negara di seluruh dunia. Pada tahun 1986, Honda memperkenalkan merek Acura di Amerika untuk dapat bersaing di pasar mobil mewah. Pada tahun 1991 perusahaan memperkenalkan Honda NSX, monocoque all-aluminium pertama dengan mesin tengah V6.

HONDA

Pada tahun 1990, CEO Tadashi Kumi digantikan oleh Nobuhiko Kawamoto. Kawamoto Shoichiro mengalahkan Irimajiri, yang mengawasi pendirian Honda of America Manufacturing, Inc. di Marysville, Ohio. Irimagiri dan Kawamoto selalu bersaing secara sehat dengan Honda. Kemudian Irimagiri mengundurkan diri pada tahun 1992 karena alasan kesehatan.
Setelah kematian Soichiro Honda dan kepergian Irimajiri, Honda mulai menyadari bahwa kinerjanya mengungguli pembuat mobil Jepang lainnya dalam pengembangan produk, dan tertinggal dalam permintaan truk dan SUV yang meningkat pada 1990-an, yang memengaruhi profitabilitas perusahaan. Pers Jepang juga melaporkan pada tahun 1992 dan 1993 bahwa Honda dalam bahaya diambil alih secara paksa oleh Mitsubishi Motors, yang saat itu merupakan produsen mobil terbesar berdasarkan volume, dan keuntungan meningkat berkat keberhasilan model Pajero dan Diamante.

Baca juga : Kiprah Motor Honda Di Ajang Balap: Dari Era GP500 Hingga MotoGP

Leave a Comment