Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra

Sekilasautomotive – Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra – Saat menyebut nama Toyota Supra, banyak orang mungkin langsung membayangkan mobil dengan mesin kencang. Mobil dua pintu ini selalu mampu menarik minat para pecinta mobil. Tak hanya di Indonesia, para pecinta mobil di seluruh dunia juga membicarakan spesifikasi Toyota GR Supra.
Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang kesan berkendara dari Toyota GR Supra, maka kali ini kami akan menyajikan spesifikasi lengkap dari Toyota GR Supra. Bagi yang penasaran, simak ulasan lengkap spesifikasi Toyota GR Supra di bawah ini. baca juga Sejarah Generasi Mobil Toyota GR Supra
Eksterior Mobil Toyota GR supra 

Eksterior Mobil Toyota GR supra

Reinkarnasi sang Legenda Toyota GR supra,jika dilihat secara langsung, Toyota GR Supra memiliki dimensi yang sangat besar. Kerudungnya panjang dan lebar, sedangkan bagian belakangnya kecil. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan distribusi bobot yang baik saat berkendara dengan kecepatan tinggi.
Di atas kertas, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1855 mm, tinggi 1290 mm, dan wheelbase 2470 mm. Jarak minimal saja dengan tanah hanya 114 mm.
Pada lampu depan, mobil ini menggunakan lampu depan LED dengan 6 lensa auto-leveling. Keenam lampu tersebut terbagi menjadi 3 low beam dan 3 high beam. Sehingga intensitas cahaya pada malam hari sangat baik saat lampu menyala. Di bagian bawah lampu adalah bohlam DRL putih.
Kemudian pada bemper terdapat lubang yang berguna untuk menyalurkan angin. Di bagian bawah lampu juga terdapat lubang yang diklaim mampu memberikan sumber udara untuk pendinginan ke caliper. Ada juga lubang seperti ini di bagian samping mobil tepat di bawah handle pintu.
Lubang palka berguna untuk mengalirkan angin ke roda belakang dan menurunkan muatan melalui saluran angin di spatbor belakang. Desain ini disinyalir mendukung kemampuan aerodinamis yang baik saat mobil melaju kencang.

Kaki-kaki Toyota GR Supra

Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra
Toyota GR Supra

Kaki-kaki mobil ini didesain seberbahaya mungkin. Fungsinya untuk memberikan handling yang sangat baik saat bermanuver. Pada bagian depan, mobil sport ini menggunakan suspensi common double dengan tipe MacPherson Strut. Sementara di bagian belakang, kenakan multi-link. Rem depan menggunakan cakram 4 piston, sedangkan bagian belakang menggunakan cakram satu piston.Baca juga Nissan GT-R 50 Akhirnya Akan Diproduksi
Untuk pengendaraan yang sempurna, Reinkarnasi sang Legenda Toyota GR supra menawarkan velg 19 inci yang dibalut ban 255/35 di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang, pakai ban 275/35. Bentuk rangkanya ramping dan lebar, menggunakan Michelin Pilot Sport yang didesain khusus untuk performa.

Mesin Toyota GR Supra 

Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra
Toyota GR Supra

Reinkarnasi sang Legenda Toyota GR supra,diketahui telah bekerja sama dengan BMW untuk menciptakan Supra dan Z4. Oleh karena itu, Toyota Supra yang diluncurkan pada 2019 ini menggunakan mesin berkode B58 yang banyak digunakan pada model BMW. Model BMW yang menggunakan mesin ini adalah Seri 3, Seri 4, Seri 5, Seri 7, M140, M240, X3, X4, X5, X6 xDrive40i dan Seri 8. Sebenarnya masih banyak model BMW yang menggunakan mesin ini.
Kapasitas mesin 2.998 cc, 6 silinder segaris, 24 katup, DOHC, VVT, turbo gulir kembar. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 335 hp pada 5000 rpm dengan torsi 495 Nm pada 1500-4500 rpm. Tenaga tanah disalurkan menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan.
Bagi sebagian orang, sangat disayangkan mobil sport menggunakan transmisi otomatis. Namun, meski menggunakan transmisi otomatis, tenaga dan torsinya masih cukup besar untuk dikendarai di aspal.

Fitur Toyota GR Supra

Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra
TOYOTA GR SUPRA

Reinkarnasi sang Legenda Toyota GR supra,Mengenai fitur Toyota GR Supra, mobil ini dijual di Indonesia dengan harga Rp. 2,1 miliar kaya fitur.
Dimulai penataan tempat duduk. Kursi pengemudi dan penumpang dapat diatur secara elektronik dalam 8 posisi. Tentu saja, ia memiliki kursi memori di kedua kursi. Roda kemudi juga dilengkapi dengan tombol penyesuaian untuk memudahkan pengaturan saat berkendara.
Di balik kemudi tentunya terdapat transmisi paddle, mengingat ini adalah mobil sport sungguhan. Pada tampilan instrumen, Toyota GR Supra memiliki MID dengan tampilan digital. RPM, putaran mesin dan bahkan navigasi bisa dilihat melalui MID ini.
Oh ya, setir ini juga bisa dimiringkan dan disetel secara teleskopik menggunakan metode elektronik. Belum selesai juga, ada juga fitur defogger depan dan belakang, AC dual-zone, dan alarm maling.
MID sudah menggunakan tampilan digital
Di tengah adalah head unit sentuh 6,5 inci. Head unit ini dapat digunakan untuk menyetel radio, Bluetooth, Android Auto dan Apple Car Play. Kualitas suara mobil ini juga bagus. Karena di dalamnya terdapat 10 speaker yang disebar di beberapa titik untuk memanjakan telinga penggunanya.
Fitur lain yang terdapat pada mobil ini adalah power window, head-up display, keyless entry, cruise control, start/stop button, power take-off, jok kulit, dan spion dengan lampu.

Fitur keamanan Toyota GR Supra.

Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra
Toyota GR Supra

Sebagai mobil sport performa liar, sistem keamanannya juga harus dibuat seaman mungkin bagi konsumen. Itu sebabnya Toyota menawarkan hill and climb assist control, vehicle stability control, kamera mundur, distribusi rem elektronik, bantuan rem, kontrol traksi, kontrol peluncuran, dan rem dengan ABS.
Di dalam, terdapat 6 titik airbag yang melindungi bagian depan, samping dan kaki pengemudi dan penumpang. Kendaraan ini juga memiliki beberapa mode untuk digunakan. Ada mode normal, aktif, dan dinamis.
Tampilan dashboard Toyota GR Supra sangat mewah dan elegan
Peningkatan daya dalam mode dinamis pasti akan jauh lebih besar. Tombol sport atau dinamis terletak di konsol tengah. Kluster instrumen juga akan berubah menjadi merah, menunjukkan bahwa kendaraan siap untuk memulai.

Untuk mendapatkan awal yang baik, ada juga kontrol peluncuran. Cara mengaktifkannyapun tidak sulit. Cukup tekan pedal rem dalam selama beberapa detik lalu tekan pedal akselerator dalam-dalam hingga rpm mesin melebihi 2000. Kemudian instrument cluster akan menampilkan Active Launch Control. Jika tanda ini muncul, maka Anda hanya perlu melepaskan rem. Mobil akan segera berakselerasi ke kecepatan maksimum.
Unit kontrol transmisi Toyota GR Supra berada di tengah kabin.
Harus diingat, setelah menggunakan launch control, coba dinginkan mobil sekitar 5 menit jika ingin menggunakan launch control lagi. Mobil dapat didinginkan saat berjalan pada kecepatan normal 40 km/jam.
Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam 5 pilihan warna yang berbeda. Dimulai dengan warna merah metalik, putih metalik, abu-abu es metalik, hitam metalik, dan kuning cerah.

Data Spesifikasi Reinkarnasi Sang Legenda Toyota GR Supra :

Dimensi
Panjang 4.380 mm
Lebar 1.855 mm
Tinggi 1290 mm
jarak sumbu roda 2470 mm
kaki
Suspensi: MacPherson Strut tipe double-joint (depan), multi-link (belakang)
Rem depan rem cakram berventilasi dengan 4 cakram tetap
Rem cakram belakang berventilasi 1 silinder dengan kaliper mengambang
Ukuran ban 275/35 R19
Mesin
Spesifikasi mesin 2998 cc, B58, 6 silinder, segaris, DOHC 24-katup, penggerak rantai dengan timing katup variabel (IN/EX), turbocharger twin-scroll
Daya 338 HP / 5000-6500 rpm
Torsi 495Nm/1600-4500rpm.

sumber : PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Leave a Comment