Pengertian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Halo selamat datang di sekilasautomotive.com

Selamat datang di website kami, sekilasautomotive.com, tempat di mana Anda dapat menemukan berbagai informasi terkini seputar dunia otomotif. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian kuantitatif menurut para ahli. Pengetahuan ini sangat penting untuk Anda yang tertarik dalam bidang riset dan pengukuran dalam skala besar. Simak artikel lengkapnya di bawah ini!

Pendahuluan

Untuk memahami pengertian kuantitatif menurut para ahli, kita perlu mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan metode penelitian kuantitatif. Metode ini merupakan suatu pendekatan dalam penelitian yang menggunakan data berupa angka statistik dan matematis, sehingga hasil pengukurannya dapat dianalisis secara objektif dan dapat diuji kebenarannya.

Menurut Young dan Evered (1977) dalam jurnal “Quantitative Research: Advantages and Limitations”, penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang mengukur variabel-variabel yang dapat dihitung secara objektif. Metode ini mengumpulkan data dalam bentuk angka melalui instrumen penelitian seperti kuesioner, dan kemudian menganalisis data tersebut dengan menggunakan teknik statistik.

Kelebihan dari metode penelitian kuantitatif adalah hasil penelitian tersebut dapat dijadikan acuan yang objektif dan dapat diuji kebenarannya oleh orang lain. Selain itu, penelitian kuantitatif juga memungkinkan kita untuk mengumpulkan data secara luas dengan sampel yang representatif. Namun, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah kurangnya pemahaman yang mendalam terhadap fenomena yang diteliti dan adanya keterbatasan dalam mengungkapkan nuansa atau aspek kualitatif dari suatu fenomena.

Selanjutnya, untuk lebih memahami pengertian kuantitatif menurut para ahli, berikut adalah beberapa penjelasan detail mengenai kelebihan dan kekurangan metode penelitian kuantitatif:

1. Kelebihan Pengertian Kuantitatif Menurut Para Ahli

a. Objektivitas

b. Reproduktibilitas

c. Akurasi

d. Hasil yang Dapat Dianalisis Secara Statistik

e. Sampel yang Representatif

f. Menghasilkan Informasi yang Tepat dan Akurat

g. Mudah untuk Dikombinasikan dengan Metode Penelitian Lain

2. Kekurangan Pengertian Kuantitatif Menurut Para Ahli

a. Ketidakmampuan Menggali Informasi Mendalam

b. Kurang Fleksibel dalam Pengumpulan Data

c. Keterbatasan dalam Ungkapan dan Penjelasan

d. Lebih Terfokus pada Hasil daripada Proses

e. Terbatasnya Ruang untuk Interpretasi

f. Kurang Berfokus pada Konteks dan Budaya

g. Adanya Potensi untuk Kesalahan atau Bias dalam Pengukuran

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan dari pengertian kuantitatif menurut para ahli, dapat dikatakan bahwa metode penelitian kuantitatif memiliki peran penting dalam menghasilkan informasi yang objektif dan dapat diuji kebenarannya. Namun, dalam beberapa kasus, metode ini juga memiliki keterbatasan dalam menggali informasi yang mendalam serta memahami nuansa dan konteks dari suatu fenomena.

Tabel Pengertian Kuantitatif Menurut Para Ahli

No. Ahli Pengertian Kuantitatif
1 Young dan Evered (1977) Metode penelitian yang mengukur variabel-variabel yang dapat dihitung secara objektif. Menggunakan data berupa angka dan menganalisisnya dengan teknik statistik.
2 John W. Creswell (2014) Penelitian yang mengumpulkan data dalam bentuk angka untuk menjelaskan, menjelajahi, dan memperbaiki fenomena sosial.
3 James M. O’Brien (1998) Metode penelitian yang menggunakan angka-angka sebagai dasar dari pemahaman dan pengambilan keputusan.
4 Keith F. Punch (2005) Penelitian yang menggunakan metode pengumpulan data yang didasarkan pada pengukuran, penggunaan instrumen penelitian, dan analisis statistik.
5 Donald Ary (2013) Penelitian yang menghasilkan data berupa angka, menggunakan instrumen pengumpulan data yang terstandardisasi, dan menganalisis data dengan menggunakan metode statistik.

FAQ tentang Pengertian Kuantitatif Menurut Para Ahli

1. Apa itu penelitian kuantitatif?

Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data berupa angka dan menganalisisnya secara statistik untuk menghasilkan informasi yang objektif dan dapat diuji kebenarannya.

2. Apa keuntungan menggunakan penelitian kuantitatif?

Keuntungan menggunakan penelitian kuantitatif antara lain adalah objektivitas hasil penelitian, reproduktibilitas, dan kemampuan untuk menghasilkan informasi yang tepat dan akurat.

3. Apa kekurangan menggunakan penelitian kuantitatif?

Kekurangan menggunakan penelitian kuantitatif adalah kurangnya pemahaman mendalam terhadap fenomena yang diteliti dan adanya keterbatasan dalam menggali nuansa atau aspek kualitatif dari suatu fenomena.

4. Apa yang dimaksud dengan representativitas sampel dalam penelitian kuantitatif?

Representativitas sampel dalam penelitian kuantitatif mengacu pada sejauh mana sampel yang digunakan mewakili populasi yang lebih besar atau target yang diteliti.

5. Bagaimana cara mendapatkan data dalam penelitian kuantitatif?

Data dalam penelitian kuantitatif dapat diperoleh melalui berbagai cara, seperti kuesioner, observasi, atau penggunaan data sekunder yang telah ada.

6. Apa saja instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif?

Instrumen penelitian yang sering digunakan dalam penelitian kuantitatif antara lain adalah kuesioner, alat ukur, dan wawancara terstruktur.

7. Bagaimana data dalam penelitian kuantitatif dianalisis?

Data dalam penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan teknik statistik, seperti uji t, uji ANOVA, atau analisis regresi.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa pengertian kuantitatif menurut para ahli adalah metode penelitian yang mengukur variabel-variabel yang dapat dihitung secara objektif dengan menggunakan data berupa angka dan menganalisisnya dengan teknik statistik. Metode ini memiliki kelebihan, antara lain objektivitas, akurasi, dan hasil yang bisa dianalisis secara statistik. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan, seperti kurangnya pemahaman mendalam terhadap fenomena dan keterbatasan dalam menggali nuansa atau aspek kualitatif dari suatu fenomena.

Kami berharap artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian kuantitatif menurut para ahli. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca!

Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan penelitian terkini serta pendapat para ahli di bidangnya. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran medis, hukum, keuangan, atau profesional lainnya. Selalu konsultasikan dengan ahli terkait sebelum mengambil langkah atau keputusan berdasarkan informasi dalam artikel ini. Penulis dan pemilik website tidak bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasarkan informasi dalam artikel ini.

Leave a Comment