Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop

sekilasautomotive.com, Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop – jika menyebut nama Dunlop, tentu tidak akan lepas dari ajang balap paling mematikan di dunia, Isle of Man TT.
Joey Dunlop adalah pembalap TT legendaris dengan 25 gelar TT.
Sementara adiknya Robert Dunlop memegang lima gelar TT.
Keduanya menghasilkan total 30 gelar di balapan paling berbahaya di dunia.
Keduanya juga kehilangan nyawa di ajang balap motor.
Joey meninggal di negara kecil Eropa, Estonia, pada tahun 2000 setelah mematahkan lengan sepeda motornya dengan kecepatan 200 km/jam.
Sedangkan Robert menghembuskan nafas terakhirnya di Northwest 200 setelah terjatuh dan dilindas pengendara lain.
Kematian keduanya tidak serta merta membuat keluarga Dunlop keluar dari perlombaan.
Namun, itu telah menjadi ras balap paling populer di acara balap TT.
Dua anak mendiang Robert, Michael dan William Dunlop, kini aktif membalap di ajang TT tentunya.
Sejauh ini, Michael telah memenangkan 14 gelar TT sejak 2007, sementara saudaranya William telah mencetak enam kali di podium.

Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop 1
JOEY DUNLOP

Baca juga : Kisah Tragis Keluarga Dunlop di Balapan Jalan Raya

“Jelas kita akan mati suatu hari, tetapi bagaimana kamu akan mati, kita tidak akan pernah tahu dengan baik?” Pergi ke Michael Dunlop.
“Nama Dunlop adalah nama legendaris di balap motor TT. Pekerjaan saya dan William akan terus begitu selamanya. Kami akan selalu melakukan yang terbaik di dunia balap.
Selain Michael dan William, putra Joey, Gary Dunlop, telah memulai kembali karir balapnya yang terhenti pada tahun 2003. Baca juga : Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT
“Dulu, kematian ayah saya mengejutkan saya. Namun, seiring bertambahnya usia, saya merasa ini adalah jalan yang harus diambil. Saya harus terus berlomba untuk nama besar keluarga kami,” kata Gary, yang menjalankan bisnis kedai kopi keluarganya. . Pekerjaan saya dan William akan selamanya. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk balapan. Namun, seiring bertambahnya usia, saya merasa inilah jalan yang harus saya ambil,” kata Gary, yang menjalankan bisnis kedai kopi keluarganya.

Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop 2
JOEY DUNLOP

Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop,William Joseph “Joey” Dunlop (25 Februari 1952 – 2 Juli 2000) adalah seorang pengendara sepeda motor Irlandia Utara dari Ballymoney. Dia memenangkan hat-trick ketiganya di Isle of Man TT pada tahun 2000 dan mencapai lap tercepatnya di trek 123,87 mph di Senior Race, yang finis ketiga. Pada tahun 2016, ia terpilih oleh Motorcycle News sebagai ikon sepeda motor terbesar kelima sepanjang masa, di belakang Valentino Rossi. Prestasinya termasuk tripleks di pertemuan Isle of Man TT (1985, 1988 dan 2000), di mana ia memenangkan rekor total 26 balapan. Sebuah kurva di landmark ke-26 di Isle of Man dinamai untuk menghormatinya.
Selama karirnya, ia memenangkan Grand Prix Ulster sebanyak 24 kali. Pada tahun 1986, ia memenangkan gelar dunia kelima berturut-turut di TT Formula One Championship; Awalnya didasarkan pada satu balapan di Isle of Man TT setelah kehilangan status Kejuaraan Dunia dari 1977 dan seterusnya yang diselenggarakan oleh Federasi Motocross, gelar itu akhirnya diperluas untuk mencakup lebih banyak tur di negara lain.

Dia dianugerahi Medali MBE pada tahun 1986 untuk jasanya dalam olahraga ini, dan pada tahun 1996 dia dianugerahi Medali OBE untuk pekerjaan kemanusiaannya untuk anak-anak di panti asuhan Rumania, di mana dia mendistribusikan pakaian dan makanan. Dunlop telah muncul dalam film dokumenter tentang karirnya: V Four Victory (1983), Joey – The Man Who Conquered the TT (2013) dan Road (2014).
Filantropi dan pengakuan.
Gedung Yayasan Joy Dunlop di Jembatan Pradhan, Douglas, Isle of Man.
Dunlop membantu anak-anak yatim piatu di Balkan, mengemudikan satu truk penuh persediaan ke panti asuhan di Rumania, Albania, dan Bosnia dan Herzegovina sebelum musim balap tahunan dimulai. Pada tahun 1996, ia dianugerahi OBE untuk pekerjaan kemanusiaannya.
Setelah kematian Dunlop, Joy Dunlop Foundation dimulai, sebuah organisasi amal yang menyediakan akomodasi yang layak bagi pengunjung penyandang disabilitas di Isle of Man.
Pada 30 Januari 2015, Dunlop terpilih sebagai bintang olahraga terbaik Irlandia Utara oleh pembaca Belfast Telegraph.

Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop,kecelakaan kapal,pada malam 23 Mei 1985, Dunlop melakukan perjalanan dari Irlandia Utara ke Isle of Man untuk berpartisipasi dalam TT Races by Sea tahunan, di atas Tornamona, bekas kapal nelayan. Kapal telah berangkat dari Strangford, County Down dengan Dunlop dan pengendara lain, sepeda balap dan peralatan di dalamnya. Arus kuat di Strangford Lough mendorong Tornamona ke St Patrick’s Rock di mana kemudi putus di sebuah celah. Kapal tenggelam dan Sekoci Portaferry menyelamatkan 13 penumpang dan awak.
kehidupan pribadi
Menikah pada 22 September 1972 di kantor pendaftaran Ballymoney, Dunlop adalah seorang pemilik bar di Ballymoney, adalah seorang yang percaya takhayul dan selalu mengenakan kemeja merah dan helm kuning saat Dunlop diperkenalkan dengan Freedom of the Borough oleh Dewan Ballymoney pada tahun 1993.
kematian.
Dunlop meninggal pada tanggal 2 Juli 2000 di Tallinn, Estonia, saat mengendarai balapan 125cc (dia sudah memenangkan acara 750cc dan 600cc) di sirkuit Pirita-Kose-Kloostrimetsa. Ia tampak kehilangan kendali atas sepedanya dalam kondisi basah dan tewas seketika saat menabrak pohon. Sebagai tanda penghormatan, situs resmi pemerintah Estonia diganti dengan penghormatan Dunlop beberapa jam setelah kematiannya. TV Irlandia Utara menyiarkan liputan langsung pemakamannya. Lima puluh ribu pelayat, termasuk pengendara sepeda dari seluruh Inggris dan Irlandia dan orang-orang dari semua latar belakang di Irlandia Utara, menghadiri prosesi pemakaman di Jaredof Presbyterian Church dan menguburkannya di pemakaman yang berdekatan.

Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop,monumen di Joy and Robert Dunlop Memorial Gardens, Ballymoney, Irlandia Utara.
Kontestan paling sukses dalam balapan TT tahunan menerima “Piala Joey Dunlop”. Sebuah patung peringatan didirikan di kampung halamannya di Balimoni. Di Isle of Man, ada patung Dunlop di atas sebuah Honda yang menghadap ke Bungalow Bend di Snaefell dan area Milestone ke-26 dari trek TT diberi nama “Joey’s”. Sebuah batu peringatan juga didirikan di lokasi kecelakaan di Tallinn. Penerbit Irlandia O’Brien Press merilis penghargaan bergambar penuh warna untuk Dunlop setelah kematiannya. Skuad Cure Irlandia Utara? Dia merekam sebuah lagu untuk mengenang Dunlop berjudul Joey. Dia muncul di album Shameless, yang dirilis pada tahun 2001.
Setelah kematiannya, pusat rekreasi di kampung halamannya di Balimoney diubah namanya dari Riada Center menjadi Joy Dunlop Recreation Center. Pada tahun 2001, Joy Dunlop Memorial Park didirikan di kampung halaman keluarga Dunlop, dan pada tahun 2010 penghormatan diperluas ke Robert Dunlop Memorial Park untuk menghormati mendiang saudara laki-laki Joy, Robert Dunlop. Pada 26 Februari 2022, patung William Dunlop. , putra Robert dan keponakan Joey, ditambahkan ke taman peringatan. William meninggal saat balapan di acara Skerries 100 pada 2018.

Leave a Comment