Sejarah Berdirinya KAWASAKI Motor Jepang (Part 1)

sekilasautomotive.com, – Sejarah Berdirinya KAWASAKI Motor Jepang, 1878 Shozo Kawasaki, sang pendiri membuka Galangan Kapal Kawasaki Tsukiji (Tokyo),Pendiri, Shozo Kawasaki.

Inilah Sejarah Berdirinya KAWASAKI (Part 1)1
SHOZO KAWASAKI

Inilah Sejarah Berdirinya KAWASAKI,Asal usul Kawasaki dimulai pada tahun 1878, ketika Shozo Kawasaki mendirikan Galangan Kapal Kawasaki Tsukiji di Tokyo. 18 tahun kemudian, pada tahun 1896, didirikan sebagai Kawasaki Dockyard .
Lahir di Kagoshima dari seorang pedagang kimono, Shozo Kawasaki menjadi pedagang pada usia 17 tahun bertempat di Nagasaki, satu-satunya tempat di Jepang yang kemudian terbuka ke Barat. Dia memulai bisnis pelayaran di Osaka pada usia 27 tahun, yang gagal ketika kapal kargonya tenggelam saat badai. Pada tahun 1869, ia bergabung dengan perusahaan penjual gula dari Ryukyu (sekarang Prefektur Okinawa), yang didirikan oleh seorang samurai Kagoshima pada tahun 1893, meneliti gula Ryukyu dan rute laut ke Ryukyu atas permintaan Kementerian Keuangan. Pada tahun 1894, ia diangkat menjadi wakil presiden eksekutif dari Japan Mail Steam-Powered Shipping Company, dan berhasil membuka jalur laut ke Ryukyu dan mengangkut gula ke daratan negara Jepang.

Inilah Sejarah Berdirinya KAWASAKI,Setelah mengalami banyak kecelakaan laut dalam hidupnya, Kawasaki memperdalam kepercayaannya pada kapal-kapal Barat karena mereka lebih lebar, stabil, dan lebih cepat daripada kapal-kapal khas Jepang. Pada saat yang sama, ia menjadi sangat tertarik pada industri pembuatan kapal modernnya. Pada April 1878, dengan dukungan Masayoshi Matsukata, Wakil Menteri Keuangan, yang berasal dari provinsi yang sama dengan Kawasaki, ia mendirikan Galangan Kapal Kawasaki Tsukiji di atas tanah yang dipinjam dari pemerintah di sepanjang Sungai Sumidagawa, Tsukiji Minami-Iizaka-cho (saat ini Tsukiji 7 -chome, Chuo-ku), Tokyo, langkah maju yang besar sebagai pembuat kapal.

Tahun 1896 Kawasaki Dockyard Co., Ltd. didirikan. Kojiro Matsukata ditunjuk sebagai presiden pertama perusahaan baru.
Presiden Pertama, Kojiro Matsukata
Pada tahun 1894, tujuh tahun setelah pendirian Galangan Kapal Kawasaki, Perang Tiongkok-Jepang dimulai dan industri pembuatan kapal di Jepang menikmati kemakmuran yang tiba-tiba.
Kawasaki juga sangat sibuk dalam menerima dan menyelesaikan pesanan yang terburu-buru untuk perbaikan kapal. Menyadari keterbatasan manajemen swasta, Kawasaki memutuskan untuk mendeklarasikan Perusahaan segera setelah perang berakhir. Kemudian mendekati usia 60 tahun, tanpa seorang putra yang cukup tua untuk menggantikannya, Kawasaki memilih Kojiro Matsukata, putra ketiga dari dermawan bisnisnya, Masayoshi Matsukata, sebagai penggantinya.
Kojiro Matsukata, lahir di Satsuma (sekarang Prefektur Kagoshima) pada tahun 1865, adalah sekretaris perdana menteri Jepang selama pemerintahan ayahnya antara tahun 1891 dan 1892. Pada tahun 1896, Matsukata yang lebih muda diangkat sebagai presiden pertama Kawasaki Dockyard Co., Ltd. , dan mempertahankan posisi ini selama 32 tahun hingga tahun 1928. Dengan memperluas bisnis ke rolling stock, pesawat terbang dan pengiriman, dan menerapkan delapan jam hari pertama di Jepang.

Sistem dan tindakan lainnya, ia memelihara dan mengembangkan Kawasaki menjadi perusahaan industri berat terkemuka di Jepang.
Matsukata juga dikenal sebagai kolektor seni. Museum Nasional Seni Barat di Tokyo didirikan di sekitar inti koleksi pribadi Matsukata. Selain itu, Museum Nasional Tokyo memiliki banyak koleksi cetakan Ukiyoe.
1897 meluncurkan Kapal Kargo-Penumpang Iyomaru.
Kapal penumpang-kargo, Iyomaru (727 GT), kapal pertama Kawasaki Dockyard sebagai perusahaan publik
Pada tahun 1897, Kawasaki Dockyard menyelesaikan kapal kargo penumpang, Iyomaru (727 GT), kapal pertamanya setelah menjadi perusahaan publik. Selama 10 tahun pengelolaan swasta antara tahun 1886 dan 1896, Perusahaan membangun 80 kapal baru, termasuk enam kapal baja seperti Tamamaru (sekitar 570 GT). Sejak kapal baja pertama dibangun di Jepang pada tahun 1890, material kapal telah dimodernisasi dengan cepat dari besi menjadi baja. Awal dari Galangan Kapal Kawasaki adalah awal dari industri pembuatan kapal modern Jepang.

Sejarah Berdirinya KAWASAKI, Inilah Sejarah Berdirinya KAWASAKI,1902 menyelesaikan konstruksi di Dermaga Kering di Galangan Kapal Kobe.
Dermaga kering (saat ini Dermaga No. 1, Galangan Kapal Kobe) terdaftar sebagai Aset Budaya Takbenda Terdaftar di Jepang pada tahun 1998.
Shozo Kawasaki menyadari sepenuhnya bahwa galangan kapal Perseroan membutuhkan peningkatan kapasitas yang drastis sejak Galangan Kapal Kawasaki didirikan di Kota Kobe, Prefektur Hyogo. Ia berencana membangun dok kering dengan mereklamasi lahan di samping galangan kapal. Pada tahun 1892, survei tanah dimulai, dan pada tahun 1895, pengeboran uji dilakukan. Setelah penggabungan Kawasaki Dockyard, Kojiro Matsukata melanjutkan rencananya.
Pekerjaan konstruksi menghadapi jalan yang sulit karena fondasi situs yang sangat lemah di delta Sungai Minatogawa. Setelah beberapa kegagalan, teknik baru diadopsi untuk mengeraskan fondasi bawah air dengan menuangkan beton. Enam tahun kemudian pada tahun 1902, dok kering akhirnya selesai dibangun, dengan biaya tiga kali lipat dan waktu tiga kali lebih lama untuk membangun dok dalam kondisi normal.
Ukuran dok kering:
Panjang: 130 m, lebar: 15,7 m, kedalaman: 5,5 m
Ukuran maksimum kapal yang dapat berlabuh: 6.000 GT
Dermaga kering (saat ini Dermaga No. 1, Galangan Kapal Kobe) terdaftar sebagai Aset Budaya Takbenda Terdaftar di Jepang pada tahun 1998.
1906
Buka Karya Hyogo.

Sejarah Berdirinya KAWASAKI,pada tahun 1906, Kawasaki Dockyard berada di sebelah utara pabrik kereta api Kobe yang dikelola pemerintah.
Presiden pertama Kawasaki, Kojiro Matsukata, memiliki keinginan kuat untuk berekspansi ke area bisnis baru. Salah satu bisnis baru yang sangat menjanjikan adalah pembuatan gerbong kereta api. Pada tahun 1906, Hyogo Works yang baru dibuka mulai membuat lokomotif, gerbong barang dan penumpang, dan gelagar jembatan. Ini juga merupakan tahun dimana Kawasaki memulai produksi turbin uap laut di galangan kapalnya,kapal selam pertama di Jepang.
Kapal selam tipe Holland No. 6 dan 7 sedang diperiksa di dok kering
Angkatan Laut Jepang mulai berpikir untuk memperkenalkan kapal selam sekitar tahun 1901, dan memutuskan untuk membentuk korps kapal selam segera setelah dimulainya Perang Rusia-Jepang. Pada tahun 1904, lima kapal selam tipe Belanda, Kapal Selam No. 1 sampai 5, didatangkan dari Amerika Serikat.
Pada saat yang sama, Angkatan Laut memutuskan untuk membangun kapal selam di Jepang. Pada tahun 1904, ia memesan dua yang pertama ke Kawasaki. Meskipun Angkatan Laut memberikan rencana yang dibuat oleh J. P. Holland, perancang kapal selam tipe Holland, rinciannya diserahkan kepada Kompeni. Kawasaki mencurahkan seluruh energinya untuk membangun kapal selam yang akan memenuhi harapan Angkatan Laut dan menunjukkan kemampuannya sebagai pembuat kapal kepada dunia. Ini mengundang insinyur dari Amerika Serikat dan terus meneliti masalah bahkan setelah meletakkan lunas. Pada tahun 1906, setelah menaklukkan banyak kesulitan, Kawasaki menyelesaikan dan mengirimkan dua kapal selam pertama buatan Jepang, Kapal Selam No. 6 dan 7, kepada Angkatan Laut. baca juga seputar ulasan spesifikasi mobil dan motor kawasaki di : sekilasautomotive

Sejarah Berdirinya KAWASAKI,1908 bangun Yodo, kapal perang besar pertama di Jepang yang dibangun oleh galangan kapal swasta Jepang.
Yodo, kapal perang besar.
Setelah pertempuran laut yang menentukan kemenangan Jepang dalam Perang Rusia-Jepang, pemerintah Jepang menyusun rencana untuk memperkuat angkatan lautnya dengan membangun armada besar kapal di dalam negeri, yang semuanya sebelumnya diproduksi di luar negeri. Sementara galangan kapal swasta telah menerima pesanan pemerintah untuk kapal kecil, seperti kapal perusak awal dan kapal torpedo, mereka sekarang juga akan menerima pesanan untuk kapal yang lebih besar. Dibangun oleh Kawasaki Dockyard, kapal pengapalan Yodo adalah kapal perang 100 ton pertama yang dibangun oleh galangan kapal swasta dan sangat dipuji oleh pejabat angkatan laut. Ini menandai awal pembuatan kapal sejati oleh galangan kapal swasta.

To be continue =========>>>

baca juga : Simak Inilah 5 Motor KTM Terbaru Trail

 

Leave a Comment