Daihatsu Rocky Sebagai mobil Yang Canggih

Sekilasautomotive – Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih – Tak salah jika kita menyebut Daihatsu Rocky sebagai mobil eksperimental. Berbagai fitur keselamatan aktif terbaru melengkapi kehadirannya. Ini adalah keuntungan di samping beberapa kekurangan yang kami temukan.
Menurut situs resmi pabrikan, Daihatsu Rocky saat ini dijual seharga $222,6 juta dan P248,9 juta untuk model yang ditenagai oleh mesin turbo 1.000cc. Ada juga model mesin 1. 200cc yang disedot secara alami. 185,8 juta menjadi Rp. 223,1 juta.

Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih
DAIHATSU ROCKY

Varian yang menggunakan mesin 1000cc turbo lebih mahal karena modelnya diposisikan sebagai flagship. Oleh karena itu pembahasan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky akan lebih condong ke tipe ini.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih,inforasi mobil kembar Toyota rise ini bermain di segmen kendaraan sport (SUV) kompak yang sedang berkembang. Tak hanya itu, beberapa brand juga berusaha merayu konsumen di segmen ini. Misalnya Nissan yang melanjutkan Magnite, atau Kia yang mencoba menggoda konsumen lewat Soneta.
Selain itu, Toyota Rise yang kebetulan masih memiliki pabrik yang sama dengan mobil ini juga bisa dikatakan sebagai pesaing. Lantas, apa saja syarat masuk kompetisi Daihatsu Rocky? Mari kita lihat pro dan kontranya.

Keunggulan Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky menawarkan keuntungan yang cukup banyak. Produsen mobil tersebut mengatakan mobil tersebut menggunakan platform baru yang disebut Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang dengan sendirinya dapat membuat mobil lebih efisien. Selain itu, jantung mekanik juga mendapatkan Turbo Affix.
Namun selain itu, ada beberapa poin lain yang menambah nilai mobil ini. Seperti yang Curmudy coba rangkum di bawah ini.

Jumlah spesies
Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih,Sudah menjadi kebiasaan Daihatsu untuk menawarkan berbagai varian model andalannya. Saat ini, strategi ini ditemukan pada Daihatsu Rocky yang ditawarkan dalam lebih dari dua puluh varian.
Sudah ada dua puluh varian dalam model mesin turbo 1.000cc. Belum lagi penambahan model yang menggunakan mesin 1.200 cc.
Varian Toyota Rise tidak terlalu bagus. Satu-satunya pesaing yang mendekati jumlah varian Daihatsu Rocky adalah Kia Sonnet yang hadir dengan dua belas pilihan. Angka tersebut merupakan kombinasi dari model yang menggunakan konfigurasi 5 kursi dan 7 kursi.

Dua opsi mesin
Keunggulan Daihatsu Rocky selanjutnya adalah konsumen memiliki pilihan mesin yang bisa dipilih. Hanya mobil ini dan Toyota Rise yang menawarkan sumber tenaga berbeda di segmen SUV kompak.
murah
Dengan banyaknya varian yang ditawarkan, Daihatsu Rocky juga menawarkan kisaran harga yang sangat luas dari model terendah hingga tertinggi.
Pilihan termurah adalah Daihatsu Rocky 1.2 M MT yang ditawarkan dengan harga N185,8 juta. Namun, konsumen harus tetap puas dengan penggunaan kaleng yang terlihat seperti mobil tahun 1980-an.
Untuk varian paling mahal, Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two-Tone SC ditawarkan dengan harga Rs 248,9 juta.
Di sisi lain, saingannya, varian, dibanderol dengan harga Rs. 200 juta adalah MT standar Kia Sonet 5 seater yaitu Rs. 193 juta.

Fitur Keamanan Aktif Tingkat Lanjut
Bukan rahasia lagi bahwa keunggulan utama Daihatsu Rocky adalah fitur keselamatan aktif yang canggih. Peringatan pra-tabrakan, pengereman pra-tabrakan, kontrol kesalahan pengoperasian pedal, peringatan keberangkatan depan, peringatan keberangkatan jalur, dan pencegahan keberangkatan jalur.
Namun untuk menikmati semua fitur tersebut, Camidian harus memilih varian yang dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) dan hanya tersedia pada model bermesin 1.000cc turbo.
Sebenarnya, mobil lain di segmen ini memiliki banyak fitur keren. Misalnya, Kia Sonnet yang sudah memiliki sunroof, wireless charging, dan jok berventilasi.

Pelek 17 inci
Beranjak ke eksterior, Daihatsu Rocky terlihat lebih gagah dengan bezel selebar 17 inci. Ini sedikit berbeda dari beberapa pesaing yang dipasangi pelek 16 inci.
Ground clearance
Daihatsu Rocky telah memantapkan dirinya sebagai SUV kompak. Artinya, kendaraan ini harus mampu memberikan kepercayaan diri pengemudi saat melintasi jalan rusak. Hal itu bisa dicapai dengan ground clearance yang cukup tinggi, yakni 200 mm.
Setidaknya angka ini menunjukkan bahwa mobil ini lebih panjang dari Nissan Magnite yang memiliki ground clearance minimal 186 mm. Meski masih kalah dari Kia Seltos dengan ground clearance 205 mm.

Unit kepala lebih besar
Daihatsu Rocky telah berhasil mencapai citra SUV kompak modern dengan fitur keselamatan aktif ASA. Namun tidak berhenti sampai di situ karena konsumen juga bisa merasakan sentuhan modern di sisi rekreasi.
Daihatsu Rocky menggunakan head unit terbesar di kelasnya yaitu 9 inci. Pesaing seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite menggunakan head unit 1 inci yang lebih kecil.
Tidak hanya besar, head unit Daihatsu Rocky juga mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Inilah yang membedakannya dengan head unit Toyota Raize.

Kursi datar yang dapat dilipat
Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih,Daihatsu mampu memanfaatkan keterbatasan dimensi mobil untuk mendapatkan banyak ruang untuk bagasi. Caranya adalah dengan memberikan aransemen dua lantai. Pabrikan menyebutnya papan bagasi dua tahap.
Pengguna dapat memilih opsi lantai bagasi bawah dalam kondisi normal. Namun saat kursi dilipat, lantai bagasi dapat diposisikan lebih tinggi untuk memberikan ruang yang sama dari depan ke belakang.
Hanya Toyota Raize yang memiliki tipe konfigurasi ini karena konstruksi kedua mobil tersebut mirip.
Sandaran kepala yang dapat disesuaikan di semua kursi
Daihatsu tentu sangat memahami bahwa konsumen Indonesia senang bepergian secara berkelompok. Karena itulah kabin dibuat senyaman mungkin meski dalam keadaan terisi penuh. Hal ini terlihat dari sandaran kepala yang bisa diatur di setiap kursi.
Sehingga mereka yang duduk di tengah jok belakang tidak perlu merasakan sakit leher saat melakukan perjalanan jauh. Sekali lagi, hanya Toyota Raize yang memiliki fitur seperti ini.
Sementara itu, para pesaingnya mengambil pendekatan berbeda dalam mendesain kursi belakang produk mereka.Baca juga Juara MotoGP 2022 di Tangan Fabio Quartararo!

Kekurangan Daihatsu Rise
Selanjutnya, mari kita lihat beberapa sisi negatif dari pembahasan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky kali ini.
Sejak rilis pertama, banyak orang yang memiliki pendapat miring tentang penggunaan mesin 3 silinder. Hal ini dapat dimaklumi karena mesin dengan jumlah silinder ganjil sudah diketahui memiliki getaran yang lebih tinggi.
Namun Daihatsu mengaku telah melakukan beberapa upaya untuk menyiasatinya. Ini termasuk penggunaan ballast dan dudukan motor yang dikembangkan secara khusus. Kami berharap pengembangan yang dilaksanakan akan membawa hasil yang positif dan tidak ada keluhan dari konsumen.
Terlepas dari itu, Carmudi mencoba merangkum beberapa poin yang menjadi kekurangan Daihatsu Rocky jika dibandingkan dengan kompetitornya.
Anda tidak memiliki kontrol pelayaran
Kelemahan pertama dari Daihatsu Rocky adalah tidak memiliki cruise control. Berbeda dengan kompetitor…
Absennya fitur ini sangat disayangkan mengingat Toyota Raize sudah memilikinya. Bukan cruise control biasa, bahkan produk Toyota yang mengadopsi apa yang disebut dengan adaptive cruise control.

Tenaga mesin sederhana
Dengan mobil ini, Daihatsu akhirnya memiliki mesin modern berkapasitas kecil yang dilengkapi dengan mesin turbocharged. Tapi tenaga yang dihasilkannya tidak ada yang istimewa. Di atas kertas, masih kalah dengan mesin sejenis yang digunakan Nissan Magnite.
Daihatsu Rocky mengusung mesin encoded 1KR-VET berkapasitas 998 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 96,5 hp dan torsi 140 Nm.
Di sisi lain, mesin Nissan Magnite yang juga menggunakan konfigurasi tiga silinder turbo berkapasitas 999 cc. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 98,6 hp dan torsi 152 Nm.
Tapi, kan, Daihatsu Rocky masih punya pilihan mesin 1200cc? benar. Namun jika mencari mesin berkapasitas besar, maka Kia Sonnet bermesin 1.500 cc empat silinder inti menjadi pilihannya.

Tidak ada ventilasi belakang
Sebelumnya dikatakan bahwa kursi belakang Daihatsu Rocky mungkin masih memberikan kenyamanan saat digunakan untuk mengangkut tiga orang. Ini berkat tiga sandaran kepala yang bisa disesuaikan.
Namun sayang, belum ada fasilitas penunjang kenyamanan lainnya, misalnya ventilasi AC yang khusus diperuntukkan bagi penumpang di kursi baris kedua. Berbeda dengan Nissan Magnite atau Kia Sonet yang sama-sama dimiliki. Bahkan di Kia Sonet, penumpang belakang juga mendapatkan port USB.

Tidak Ada Sandaran Tangan Kursi Belakang
Dari poin-poin di atas, terlihat jelas bahwa kabin belakang Daihatsu Rocky mengutamakan kenyamanan penumpang saat terisi penuh. Sementara saingannya bersandar pada kemewahan.
Bukti lainnya, Kia Sonet dan Nissan Magnite sama-sama memiliki sandaran tangan di jok baris kedua. Hal ini tidak dimiliki oleh Daihatsu Rocky.
Fitur ini mungkin cukup sepele, namun berhasil menghadirkan Kia Sonet atau Nissan Magnite untuk menawarkan fasilitas yang sama dengan mobil sekelasnya di atasnya.

Tidak Memiliki TPMS
Segmen SUV kompak dipenuhi dengan persaingan fitur yang cukup sengit. Misalnya, Nissan Magnite dan Kia Sonet keduanya memiliki Sistem Monitor Tekanan Ban (TPMS). Fitur pemantauan tekanan ban yang berguna ini biasanya hanya tersedia di mobil mewah.
Sayangnya, kami tidak menemukan keberadaan TPMS di lembar spesifikasi Daihatsu Rocky atau Toyota Raize.

Tangki Bahan Bakar Kecil
Daihatsu Rocky sebagai mobil yang canggih,catatan terakhir, tangki bahan bakar Daihatsu Raize relatif kecil dibandingkan kompetitornya yang hanya berkapasitas 36 liter. Sedangkan Nissan Magnite memiliki tangki bahan bakar 40 liter dan Kia Sonet 45 liter.
Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Rocky
Kehadiran Daihatsu Rocky jelas menambah pilihan konsumen di segmen SUV kompak yang saat ini banyak diminati.
Terlebih lagi, mobil ini tersedia dengan pilihan varian yang sangat banyak. Konsumen menjadi lebih mudah untuk menentukan model sesuai dengan kebutuhannya.
Keunggulan utama mobil ini terlihat jelas pada sistem keamanan aktifnya yang canggih. Namun di sisi lain juga terdapat beberapa kekurangan, seperti tenaga mesin yang lebih kecil atau kabin belakang yang kurang mewah.
Dengan melihat kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky di atas, setidaknya calon pemilik memiliki informasi lebih sebelum menentukan pilihan.

Sumber : peluncuran dauhatsu 

baca juga : Cara Memilih Protektor Motor Dan Manfaatnya

Leave a Comment