Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT

sekilasautomotive.com, Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT – Isle of Man TT atau Tourist Trophy adalah acara olahraga sepeda motor tahunan yang diadakan di Isle of Man pada bulan Mei/Juni hampir sepanjang tahun sejak balapan perdana pada tahun 1907. Acara ini sering disebut-sebut sebagai salah satu yang paling berbahaya acara balap paling bahaya di dunia.
sebuah deskripsi :

Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT 1
ISLE OF MAN TT

Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT,dioperasikan dalam format uji waktu di jalan umum yang ditutup untuk umum di bawah Undang-Undang Tynwald (Parlemen Isle of Man). Acara ini terdiri dari satu minggu sesi pelatihan diikuti dengan satu minggu balapan. Itu adalah tradisi, mungkin dimulai oleh kuda pacuan pada awal 1920-an, bagi penonton untuk berkeliling trek Gunung Snaefell dengan sepeda motor selama Isle of Man TT pada “Minggu Gila”, acara formal dan informal yang diadakan pada hari Minggu di antara latihan. minggu. dan Pekan Lomba.
Perlombaan Isle of Man TT pertama diadakan pada hari Selasa 28 Mei 1907 dan disebut sebagai Trofi Turis Internasional Siklus Otomatis. Acara ini menjadi tuan rumah bagi Auto-Cycle Club selama 10 putaran dari trek Isle of Man St John sepanjang 15 mil, 1.470 yard untuk sepeda motor ‘touring’ yang legal dengan muffler, sadel, pedal, dan spatbor.

Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT ini sejak tahun 1911, Isle of Man TT dipindahkan ke Jalur Gunung Snaefell yang jauh lebih panjang 3.740 mil (6.020 km) (saat ini 3.773 mil (6.072 km)). Ketinggiannya berkisar dari permukaan laut hingga 1.300 kaki. Program balap dikembangkan dari satu balapan dengan dua kelas untuk Isle of Man TT 1907, dan diperluas pada tahun 1911 menjadi dua balapan tunggal untuk 350cc Junior TT dan balapan Blue Riband dari 500cc Senior TT. Perlombaan tidak berlangsung 1915-1919 karena Perang Dunia Pertama. Itu dilanjutkan pada tahun 1920. Balap TT Ringan 250cc ditambahkan ke program Isle of Man TT pada tahun 1922, diikuti oleh balap Sidecar TT pada tahun 1923.
Tidak ada balapan di Isle of Man antara tahun 1940 dan 1945 karena Perang Dunia II. Ini dimulai kembali dengan Manx Grand Prix pada tahun 1946 dan Isle of Man TT pada tahun 1947, dengan format yang sangat diperluas yang mencakup balap TT Clubman baru. Isle of Man TT menjadi bagian dari FIM MotoGP Grand Prix (sekarang MotoGP) sebagai putaran Kejuaraan Dunia MotoGP Inggris selama 1949-1976. Mengikuti masalah keamanan dengan trek Sniffle Mountain dan kekhawatiran tentang “uang awal” yang tidak mencukupi untuk pesaing, balap Isle of Man TT telah diboikot sejak awal 1970-an oleh beberapa pesaing utama, produsen sepeda motor, dan Federasi Sepeda Motor Nasional.

Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT 2
ISLE OF MAN TT

Acara ini masih dianggap dalam budaya populer sebagai acara motorsport paling berbahaya di dunia, dengan New York Times melaporkan bahwa jumlah korban tewas telah meningkat “menjadi 146 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1907; jika salah satu dari peristiwa ini termasuk kecelakaan fatal yang terjadi selama balapan Manx Grand Prix, balapan amatir yang diadakan kemudian musim panas itu di Snaefell Mountain Course yang sama, jumlahnya melonjak di atas 250”. Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT,sebuah laporan di tempat pada balapan 2003 oleh penulis-ilustrator olahraga Franz Leeds menggambarkan adegan itu sebagai “38 mil teror … Ujian keberanian dan kecepatan mungkin adalah acara olahraga paling berbahaya. Pada tahun 1976, Isle of Man TT kehilangan Kejuaraan Dunia. Itu dipindahkan ke Inggris oleh FIM dan dijalankan sebagai Grand Prix Sepeda Motor Inggris untuk musim 1977. Balapan Isle of Man TT menjadi bagian integral dari gaya baru TT Formula 1, Formula 2 dan Formula 3 Kejuaraan Dunia antara 1977 dan 1990 untuk mengembangkan dan mempertahankan balap internasional mutakhir untuk Balap TT Isle of Man Departemen Pariwisata Isle of Man mengembangkan kembali acara tersebut sebagai Festival TT Isle of Man dari 1989 dan Ini termasuk balap baru acara untuk program Festival TT Isle of Man, termasuk Perlombaan Klasik Pra-TT pada tahun 1989 diikuti oleh Perlombaan Pasca-TT dari tahun 1991, keduanya diadakan di Sirkuit Billown. Pada tahun 2013, Isle of Man Classic TT dikembangkan oleh Isle of Man Departemen Pengembangan Ekonomi dan Persatuan Siklus Otomatis untuk balap sepeda motor bersejarah, bersama dengan Manx Grand Prix, sekarang menjadi bagian dari ‘Meh Ragan Isle of Man Motorcycles” yang berlangsung pada akhir Agustus. setiap tahun

Pada tahun 2007 balapan paling berbahaya Isle Of Man TT terjadi kecelakaan saat balapan senior yang mengakibatkan kematian seorang pengendara dan dua penonton. Hasil pemeriksaan membuat beberapa rekomendasi dan termasuk beberapa komentar, seperti: “Senior infanteri mungkin telah ditugaskan di luar yurisdiksi mereka. Pemeriksa juga mencatat, “Saya lebih dari mengetahui fakta bahwa saksi dari Klub Sepeda Motor Manx dan Marsekal semuanya adalah sukarelawan. Mereka memberikan waktu mereka secara bebas dan tidak dibayar. Namun, jika diinginkan karena mereka adalah sukarelawan ada beberapa hak istimewa. Dalam standar yang diharapkan dari mereka, maaf saya tidak setuju.
Pada tahun 2018, seorang peserta mengalami luka parah saat bertabrakan dengan mobil dinas yang melaju dengan kecepatan tinggi sambil membawa seorang petugas polisi untuk memimpin di lokasi kematian di sepanjang lintasan. Dia adalah salah satu dari tujuh pembalap yang berhenti di lapangan dan berbelok ke belakang oleh marshal, yang menginstruksikan mereka untuk terus kembali ke area sirkuit ke arah yang berlawanan setelah bendera merah berhenti. Baca juga : Kisah Tragis Sang Pembalap Isle Of Man TT Joey Dunlop
Pada tahun 2020, Isle of Man TT Race yang dijadwalkan berlangsung antara 30 Mei dan 13 Juni dibatalkan karena pulau itu meningkatkan langkah-langkah untuk melindungi penduduk dari pandemi COVID-19.

Sejarah Balap TT Pulau Man Awal (1904-1910)
Balap Mobil Gordon Bennett dan Piala Turis.
Balap motor di Isle of Man dimulai pada tahun 1904 dengan eksperimen eliminasi Gordon Bennett, yang terbatas pada mobil touring. Sejak Automobile Act 1903 memberlakukan batas kecepatan 20 mph (32 km/jam) pada mobil di Inggris, Julian Ordy, sekretaris British and Irish Automobile Clubs, menghubungi pihak berwenang di Isle of Man untuk mendapatkan izin balapan di jalan umum pulau itu.Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT, undang-undang Jalan raya (Lokomotif Ringan) tahun 1904 memberikan izin Isle of Man untuk 5.215 mil (8.393 km) jalan raya dalam uji coba Gordon Bennett tahun 1904 yang dimenangkan Clifford Earl (Napier) dalam 7 jam 26,5 menit selama lima putaran (2.555 mil (atau 4.112 km) dari jalur jalan raya. Pengadilan Gordon Bennett 1905 diadakan pada tanggal 30 Mei 1905 dan dimenangkan oleh Clifford Earl lagi dengan mengendarai Napier dalam 6 jam 6 menit selama enam putaran di jalur jalan raya. Ini diikuti pada bulan September 1905 dengan Trophy Turis pertama dari balap motor Isle of Man, sekarang dikenal sebagai RAC Tourist Trophy dan dimenangkan oleh John Napier (Arrol-Johnston) dalam 6 jam 9 menit dengan kecepatan rata-rata 3.390 mph (5.460). km). / jam).
Piala MotoGP Internasional (1905).

Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT 3
ISLE OF MAN TT

Balapan Paling Berbahaya Isle Of Man TT,untuk Uji Coba Eliminasi Gordon Bennett tahun 1905, diputuskan untuk melakukan uji coba eliminasi sepeda motor pada hari berikutnya untuk tim yang mewakili Inggris Raya di Piala Sepeda Motor Internasional. Kecelakaan di Ramsey Hairpin memaksanya keluar dari salah satu permainan favoritnya sebelum balapan, dan ketidakmampuan para pesaing untuk mendaki bagian gunung yang curam dari lapangan memaksa penyelenggara untuk menggunakan bagian 25-mil (40 km) dari Gordon Bennett Trial melacak. Ini berjalan dari Douglas ke selatan ke Castletown dan kemudian ke utara ke Ballacreen di sepanjang jalan utama A3 dan kembali ke awal di Quarterbridge di Douglas melalui Crosby dan Glen Vine mengikuti aliran Snellville Mountain Trail di arah yang berlawanan. Piala Motor Internasional 1905 untuk lima putaran (125 mil atau 201 km) dimenangkan oleh J. Campbell (Ariel) meski terbakar saat pit stop pada 4 jam 9 menit 36 ​​detik dengan kecepatan sprint rata-rata 3.004 mph (4.834 km/jam).

Sumber : Tiga Pembalap Meninggal di Isle of Man TT 2022

Baca juga : Berbagai Jenis Sarungan Tangan Dan Kegunaannya

Leave a Comment