5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Indonesia

Sekilasautomotive, 5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Indonesia- Pesona mobil Eropa memang masih sulit menandingi mobil Jepang di Indonesia. Padahal, jika dilihat asal-asalan, hanya ada beberapa mobil Eropa yang terdengar familiar di telinga, seperti Mercedes, BMW, dan mobil sport seperti Ferrari. Namun, di antara sekian banyak produsen mobil di Eropa, beberapa produsen mobil di Prancis sangat populer di Indonesia.
Beberapa mobil ini bahkan terus menawarkan mobil terbarunya di Indonesia. Apa saja daftar pabrikan mobil di Perancis yang berlokasi di Indonesia? Berikut ialah beberapa di antaranya.

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Indonesia

1. Renault

 

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Indonesia 1
Renault

 

5 merek mobil prancis yang pertama yaitu Renault, yang berdiri sejak 24 Desember 1898, adalah salah satu produsen mobil paling bergengsi di dunia. Berbagai inovasi menyebabkan lahirnya banyak mobil yang juga terbilang revolusioner.
Awalnya, Renault menjadi terkenal sebagai pemasok mesin mobil balap, seperti F1 hingga Nascar. Namun, Renault akhirnya mengembangkan mobil yang bisa digunakan oleh konsumen.
Di Indonesia sendiri, Renault menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, Renault memperkenalkan Renault Tripper beberapa waktu lalu. Mungkin dalam waktu dekat, Renault juga akan hadir untuk menghadirkan beberapa mobil barunya di Indonesia. Baca juga : Sebastian Fatel Akan Kembali ke Formula 1

2. Peugeot

 

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Indonesia 2
Peugeot

5 merek mobil prancis yang satu ini tidak ada yang menyangka, sebelum mobilnya menjadi terkenal, bahwa Peugeot adalah seorang perusak yang membuat mesin pembuat kopi dan sepeda.
Baru pada tahun 1889, Peugeot memproduksi mobil yang dikembangkan secara bertahap. Peugeot memulai debutnya di Indonesia pada tahun 1970 untuk memperkenalkan mobil-mobilnya.

Salah satu seri yang mungkin akan selalu kita ingat adalah kehadiran Peugeot 206 setibanya di Indonesia. Meski tak secemerlang pabrikan mobil asal Jepang, Peugeot, merupakan salah satu pabrikan mobil yang cukup terbukti menghadirkan mobilnya di Indonesia.

3. Citroen

 

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Negara Indonesia 3
Citroen

 

5 merek mobil prancis selanjutnya adalah Citroen belum familiar di Indonesia, meski memulai perjalanan panjangnya di industri otomotif sejak tahun 1919. Baru pada tahun 1976 Citroen menjadi bagian dari PSA Peugeot Citroen yang berkantor pusat di Saint-Ouen. Baca juga : Suzuki Luncurkan Mobil Sport Hybrid
Jika melihat latar belakang dan sejarahnya, mobil produksi pertamanya adalah Traction Avant. Mobil ini sudah tidak asing lagi di jalanan Indonesia. Namun, bagi penggemar mobil unik, nama Citroen seharusnya sudah hadir di Indonesia. Baca juga : Nissan GT-R 50 Akhirnya Akan Diproduksi
Bahkan, ada komunitas khusus pecinta mobil Citroen di Indonesia.

4. Bugatti

 

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Negara Indonesia 4
Bugatti

5 merek mobil prancis berikutnya Bugatti adalah nama rumah tangga di telinga penggemar mobil di Indonesia. Salah satu mereknya adalah peluncuran supercar untuk supercar.
Dalam kategori mobil mewah, mobil ini mungkin hanya dimiliki oleh segelintir pecinta mobil. Salah satu mobil yang paling terkenal tentunya adalah Bugatti Chiron yang pernah menjadi mobil tercepat di dunia.
Bahkan, pada 2017 lalu, salah satu orang terkaya di Indonesia ini memiliki Bugatti Chiron.

5. Peugeot 5008

 

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Negara Indonesia 5
5 Merek Hadir Di Negara Indonesia

 

5 Merek Mobil Prancis Hadir Di Indonesia

 

5 merek mobil prancis selanjutnya yaitu ,mobil kepresidenan Republik Prancis lebih dari sekadar mobil. Peugeot telah menjadi pemasok Elysee selama setengah abad. Era dimulai dari Peugeot-604 Valéry Giscard d’Estaing hingga Peugeot 5008 Emmanuel Macron.
Peugeot terus membuat sejarah terakhir. Emmanuel Macron, presiden yang baru terpilih, tiba di pelantikannya pada 14 Juli 2017 di sebuah Peugeot 5008. Dia menyimpan mobil ini selama 5 tahun pertamanya menjabat. Prospek ini jelas menjadikannya mobil yang paling banyak difoto dan difoto selama lima tahun terakhir.
Peugeot 5008 diproduksi seperti semua tipe lainnya, tetapi untuk alasan keamanan dipercayakan kepada pabrik Rennes dan Centigon, perusahaan Breton yang mengkhususkan diri dalam cat mobil. Sisa informasi yang disajikan menyangkut desain kursi belakang (2 kursi bukannya 3, dengan konsol tengah khusus), pemasangan lampu depan pada kisi-kisi radiator dan lencana presiden Partai Republik yang ditempelkan pada bodywork.

Pada tahun 1991, Istana Elysee mengakuisisi Peugeot 605 di bawah François Mitterrand yang diperpanjang dan ditanggung oleh Breton Labe (kemudian Centigon, perusahaan yang menyiapkan Peugeot 5008) untuk kursi kepresidenan. Model ini dilengkapi dengan mesin V6 170 tenaga kuda, dilengkapi dengan pelindung baja berkekuatan tinggi dan jendela yang terbuat dari kaca anti peluru dan polikarbonat.

Baca juga : 9 Mobil Jerman Terpopuler Di Dunia

Kuantitas: 2500 kg, 1000 kg lebih dari standar 605 V6! Limusin ini digunakan terutama oleh kepala negara yang bersenang-senang di Prancis, seperti Mikhail Gorbachev (Uni Soviet), Hosni Mubarak (Mesir) serta Paus Yohanes Paulus II (Vatikan).
Selama dua belas tahun pelayanannya di Istana Elysee, Jacques Chirac secara teratur menggunakan Peugeot 607, yang bergabung dengan armada republik presidensial. Peugeot terus mendapatkan kepercayaan dari anak di bawah umur. Peugeot 205 SR 1984 merah, yang dikendarai oleh istri presiden sendiri di jalanan Curies.

Nicolas Sarkozy, Peugeot 607 Paladin adalah mobil kepresidenan paling mengesankan dan berumur pendek dari Republik Kelima. Pada tahun 2007, tim Nicolas Sarkozy sedang mencari mobil yang melambangkan pembaharuan dan modernitas. Nomor mobil konsep Peugeot 607 Paladin dipresentasikan di Geneva Motor Show 2000.

Dibangun oleh Peugeot oleh pembuat kendaraan Heuliez, 607 yang menakjubkan ini adalah limusin sepanjang lebih dari 5m yang diubah menjadi Landaulet dengan atap kaca yang terbuka di atas kursi belakang. Interiornya diperaboti secara mewah dengan jok Herms dalam kulit biru dan krem ​​yang cantik, sebuah bar dan dua kursi berlengan yang dapat diatur secara elektrik untuk penumpang yang cerdas dan kursi lipat dengan punggung menghadap ke jalan untuk pendamping.

Baca juga : 5 Mobil Muscle Car Paling Klasik

Atas permintaan tim Nicolas Sarkozy, Peugeot 607 Paladin diambil dari Museum Peugeot, dan pada 16 Mei 2007 Prancis dan dunia dihebohkan melihatnya di Champs-Elysees. Meski telah mengalami banyak perubahan, mobil ini tetap elegan seperti Peugeot 607. Di sisi lain, pemasangan mekanisme atap yang bisa dibuka berarti tangki bahan bakar harus lebih kecil: kapasitasnya kini hanya 6 liter.

Protokol mendefinisikan “dekorasi” mobil kepresidenan pada saat itu. Pada saat Presiden Republik berada di dalam mobil pada acara-acara resmi, mobil tersebut dibubuhi bendera Prancis yang ditempelkan di sebelah kanan mobil depan di sisi tempat Kepala Negara masuk dan keluar. Ketika kepala negara ataukepemerintahan kedua bersama Presiden Prancis, bendera negaranya dipasang di sisi kiri depan, di sisi tempat ia masuk dan keluar dari mobil.

Plat nomor yang mana? Hingga tahun 1970-an, Istana Elysee menggunakan plat nomor 1PR75 hingga 5PR75 untuk mobil presiden. Beberapa kendaraan terdaftar dengan nomor 1PR75.
Tradisi ini sekarang sudah berakhir, dan mobil kepresidenan sekarang memiliki plat nomor biasa yang ditetapkan secara kronologis, seperti halnya semua kendaraan, oleh Layanan Pendaftaran Kendaraan.
Apa yang terjadi dengan mobil setelah presiden pergi? Tidak ada peraturan. Beberapa disimpan di kolam mobil Elysée, yang lain dijual atau diserahkan ke museum. Misalnya, limusin Tipe 156 Millerand, PEUGEOT 604 Giscard d’Estaing, PEUGEOT 605 Mitterrand dan Paladine PEUGEOT 607 dikelola oleh Musée de l’Aventure Peugeot.

Sumber : zonaotomotif8

 

Leave a Comment